Sabtu, 09 Oktober 2010

Partai “Anti-Islam” Belanda akan Masuk Kabinet

Partai Geert Wilders bergabung di koalisi. Mungkinkah akan banyak larangan terhadap kaum Muslim di Belanda?


Hidayatullah.com—Jika tak ada aral-melintang, pemimpin Liberal Mark Rutte membentuk Kabinet. Rutte akan memimpin koalisi kanan-tengah dengan Partai Kristen Demokrat, yang didukung di parlemen oleh Geert Wilders, Partai Kebebasan yang dikenal sangat ‘anti-Islam’.

Kabinet itu akan menjadi pemerintah minoritas pertama Belanda pasca perang, dan Rutte akan menjadi perdana menteri Liberal pertama sejak 1918.

Sebelumnya, Ratu Beatrix hari Kamis (710) telah meminta Rutte segera memimpin koalisi kanan-tengah dengan Partai Kristen Demokrat, yang didukung di parlemen oleh Geert Wilders.

Pemerintah berencana akan mengurangi anggaran sebesar 18 miliar euro (US$25 miliar) dan menjadi negara defisit di Uni Eropa setidaknya pada 2013.

Pemerintah Belanda, juga berencana akan melarang penggunaan cadar penutup muka seperti burqa dan memperketat peraturan imigrasi.

Para analis politik memperkirakan hanya ada peluang kecil bagi pemerintah sekarang ini untuk menjalankan tugas empat tahun penuh. [ant/wt/hidayatullah.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar